Mobil Eropa di Indonesia

Mobil Eropa di Indonesia | Ada banyak mobil Eropa yang beredar di Indonesia, mulai dari merek yang sudah lama ada ataupun pabrikan baru. Anda pasti sudah mengenal mobil-mobil Eropa dengan merek terkenal seperti Peugeot, BMW, Mercedes Benz, Audi, Renault, Volkswagen dan lain-lain. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah Renault.

Renault S.A. (Euronext: RNO) adalah sebuah produsen kendaraan Perancis yang didirikan pada tahun 1899. Perusahaan ini memproduksi mobil berukuran kecil hingga menengah dan merupakan slaah satu produsen Mobil Eropa di Indonesia, van, bus dan truk pada masa lalu. Pada tahun 2011, Renault merupakan produsen terbesar ketiga di Eropa, di belakang Volkswagen Group dan PSA serta produsen terbesar kesembilan terbesar di dunia pada tahun 2011.


Mobil Eropa di Indonesia
Mobil Eropa di Indonesia - Renault

Berkantor pusat di Boulogne-Billancourt, Grup Renault terdiri dari merek Renault; perusahaan mobil Rumania, Automobile Dacia (99%); serta produsen mobil Korea Selatan, Renault Samsung Motors (80%). Renault mempunyai 43.4% saham di Nissan, serta 25% saham AvtoVAZ (Rusia) dan 1.55% saham di Daimler AG (Jerman).

Sebagai Produsen Mobil Eropa di Indonesia, Renault juga memiliki divisi RCI Banque (keuangan otomotif), Renault Retail Group (distribusi) dan Motrio (suku cadang). Renault Trucks, dulunya Renault VĂ©hicules Industriels, telah menjadi bagian dari Volvo Trucks sejak 2001. Renault Agriculture dibeli oleh perusahaan pertanian Jerman CLAAS tahun 2008.

Renault memiliki beberapa joint ventura, diantaranya Oyak-Renault (Turki), Renault Pars (Iran), Dongfeng Renault (Tiongkok). Carlos Ghosn adalah CEO dan chairman saat ini. Pemerintah Perancis juga memiliki 15% saham Renault.

Karena aliansinya dengan Nissan, aliansi Renault-Nissan menjadi produsen keempat terbesar di dunia dan menjadi salah satu produsen Mobil Eropa di Indonesia.

Pasar utama Renault adalah Eropa. Perusahaan ini juga terkenal di berbagai kejuaraan otomotif seperti reli dan Formula 1.




Komentar